Money oriented dan budak sistem dalam bisnis skema piramida [Anggara]




Artikel ini saya tulis beberapa jam setelah tawaran bisnis ini pertama dalam hidup saya langsung saya alami sendiri bersama teman sekostan.yang kebetulan orang yang menawarkannya adalah teman sebaya semasa sekolah saya dengan dibantu senior2 di dalam bisnis ini. Saya melihat, ada sisi positif dan negatif dalam bisnis berskema piramida. Tetapi menurut saya, setiap bisnis tentu mempunyai sisi positif dan negatif. Yang ditawarkan pertama kali dalam ajakan bisnis ini adalah kekayaan. harta melimpah, penghasilan besar dan hidup mewah. Menurut saya INI BUKAN TUJUAN HIDUP. Dari sini saya melihat bahwa bisnis yang ditawarkan kepada saya itu berupa ajakan untuk hidup demi uang. Hal kedua yang diberikan adalah penjelasan mengenai sistem. Mereka memperkenalkan suatu sistem canggih yang struktur organisasinya begitu kokoh. TETAPI, pengenalan tentang produk tidak dijelaskan di depan. Saya bertanya tanya mengenai produk namun penjelasan bertitik berat pada struktur. Menurut saya, ini suatu hal yang tidak baik. Karena sebagai awam ekonomi pun saya sadar bahwa pengenalan akan produk adalah yang nomor satu. Kemudian, mereka memberikan bukti-bukti visual  tentang pembagian hadiah dan mobil-mobil mewah. Buat saya, ini mimpi yang ditawarkan. Semacam angan-angan yang diberikan ketika kita masih balita dan dijanjikan oleh ayah kita, sepeda baru. Bagi saya, ini penghinaan terhadap intelektualitas saya.
Tidak semua orang berpikir seperti saya. Ada yang tergiur dengan mudah akan mobil, villa, dan harta lain nya. Tapi sekali lagi ini menurut saya, nilai seorang manusia tidak dilihat dari kekayaan nya. Saya lebih suka bekerja dengan keahlian saya dan berdasarkan pikiran saya. Sedangkan mereka yang menawarkan bisnis tadi, mengatakan pada saya bahwa bisnis tidak butuh keahlian, tidak butuh pendidikan tinggi dan tidak butuh latar belakang yang bagus.
Kesimpulan saya, saya tidak cocok dengan bisnis ini. karena, PERTAMA, saya orang yang bekerja berdasarkan mood. sedangkan bagi saya, bisnis ini harus dijalankan dengan ketekunan ekstra. KEDUA, mereka yang menawarkan pada saya, sungguh bermental MONEY ORIENTED. sedangkan saya lebih mengejar pendidikan yang baik. Lalu yang KETIGA adalah, tidak semua orang bisa mengerjakan bisnis ini. Butuh keahlian presentasi, meyakinkan orang dan kepercayaan. Bukan TANPA KEAHLIAN.
saya tidak katakan sistem bisnis ini MURNI jelek. Saya juga tidak mau sombong dan menjelek jelekan, Tetapi saya lebih bangga naik mobil kijang tetapi berpendidikan SMK dengan menghasilkan keringat dari pantat saya dari pada naik BMW tetapi berpendidikan s1 tanpa mengeluarkan keringat sedikitpun.

Saya mungkin termasuk salah satu kaum yang jarang melakukan kewajiban sebagaimana harusnya muslim,tapi saya selalu berusaha untuk tidak melanggar apa yang sudah menjadi larangan islam

“Seandainya anak Adam memiliki dua lembah harta; pasti ia menginginkan yang ke tiga, sedangkan perut anak Adam tidaklah dipenuhi kecuali dengan tanah, dan Allah memberi taubatNya kepada yang bertaubat”. HR Bukhari (6436), Muslim (1049)
“Akan datang kepada manusia suatu zaman (ketika itu) seorang tidak lagi perduli dengan apa yang dia dapatkan, apakah dari yang halal atau haram?!”HR Bukhari (2059).
kalimat terakhir diatas mungkin bisa mewakili pandangan saya tentang bisnis ini

teman2 tolong kalau ada yang menawarkan bisnis berskema piramida teliti dulu saya hanya ingin mengingatkan kalian sebagai teman...

Salam Hormat


Yudi.Anggara

0 comments:

Posting Komentar